Event

ICCA Update Activities

Maksimalkan Layanan Keanggotaan, Sekretariat ICCA Sah Diresmikan

Feb 9, 2024

Sekretariat yang bertempat di kantor Hukumonline ini diharapkan menjadi penataan dan semangat baru bagi anggota ICCA.

Kerja sama antara Indonesian Corporate Counsel Association (ICCA) dan Hukumonline sudah terjalin cukup lama dalam berbagai kegiatan. Salah satu bentuk kerja sama keduanya adalah pelaksanaan In-House Counsel Summit and Awards 2023 di Bali pada Oktober tahun lalu yang telah sukses diselenggarakan.

Setiap tahunnya selalu ada kolaborasi baru antara ICCA dan Hukumonline. Kali ini kerja sama tersebut diperkuat dengan diresmikannya Sekretariat ICCA di kantor Hukumonline sebagai bagian milestone perjalanan panjang ICCA dan Hukumonline di industri hukum Tanah Air.

“Kehadiran sekretariat ICCA di kantor Hukumonline tentu akan meningkatkan kolaborasi yang sebelumnya juga sudah terjalin dengan intens. Kami menyampaikan apresiasi sedalam-dalamnya kepada ICCA atas kepercayaan dalam membuka sekretariatnya di kantor kami. Kehadiran sekretariat ini akan semakin memperlihatkan hubungan yang hangat dengan Hukumonline, di mana in-house counsel merupakan salah satu stakeholder penting dari Hukumonline,’’ ujar Chief Executive Officer Hukumonline Arkka Dhiratara dalam sambutannya di kantor Hukumonline, Jum’at (9/2).

Arkka berharap kehadiran sekretariat ICCA membuat kegiatan operasional dan administrasi ICCA dapat dijalankan secara nyaman dan leluasa. Sehingga pada akhirnya dapat mencapai manfaat yang lebih luas khususnya bagi para in-house counsel di Indonesia.

“Kami mendukung ICCA semakin lebih besar lagi dan mempunyai program yang lebih relevan dan efektif untuk anggota ICCA. Sebagai perusahaan regulatory technology, Hukumonline akan bantu dengan resource yang kami miliki dan sebagai perusahaan media kami akan membantu memperbesar ICCA lebih besar lagi,’’ harapnya.

Penyerahan potongan tumpeng dari CEO Hukumonline Arkka Dhiratara (baju batik) kepada President ICCA Yudhistira Setiawan saat meresmikan sekretariat ICCA di kantor Hukumonline, Jumat (09/02).

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Komisaris Utama Hukumonline, Ahadi Bayu Tejo yang mengatakan peresmian sekretariat ICCA menjadi semangat baru sekaligus pekerjaan rumah baru. “Ini merupakan awalan yang baik antara Hukumonline dan ICCA. Saya melihat dan berharap organisasi in house counsel akan sama besarnya dan dapat dikenal oleh mahasiswa hukum seperti mereka mengenal organisasi advokat. Tapi ini tentu PR besar yang harus kita kerjakan bersama-sama. Namun yang terpenting semoga ICCA dapat menjadi organisasi yang terus mendukung improvement di bidang hukum di Indonesia,’’ ujarnya.

Sebagai pengacara perusahaan, profesi in house counsel menjadi salah satu profesi fundamental di sebuah perusahaan. Adanya sekretariat baru ICCA yang selama ini belum dimiliki oleh ICCA diharapkan dapat memaksimalkan kualitas kerja ICCA dari segi kesekretariatan dan kepengurusan.

“Sampai hari ini memang ICCA belum menata dengan baik administrasi dan lain-lain, tapi tidak ada kata terlambat. Dengan adanya sekretariat baru ICCA di kantor Hukumonline, menjadi suatu hal yang membuat ICCA lebih bergairah kedepannya baik dari segi penerimaan member, administrasi, kesekretariatan, maupun dalam tenaga pelaksanaan kinerja ICCA ke depannya,’’ ujar Presiden ICCA, Yudhistira Setiawan kepada Hukumonline dalam kesempatan yang sama.

Adanya sekretariat ICCA akan menjadi tempat koordinasi para anggota ICCA, karena selama ini Yudis mengaku belum adanya lokasi yang tetap untuk mengkoordinasikan seluruh kegiatan ICCA selama ini. “Sekretariat ini nantinya akan menjadi tempat koordinasi member ICCA dan alamat tetap sekretariat ICCA. Seluruh kegiatan administrasi seperti pendaftaran calon anggota, layanan member, hingga surat menyurat semuanya bisa dilaporkan ke alamat kantor Hukumonline karena sekretariat kami ada disini,’’ jelas Yudis.

Sekretariat baru ini juga sebagai bentuk usaha ICCA dalam memperkenalkan ICCA kepada masyarakat luas, khususnya mahasiswa hukum yang akan berkarir sebagai pengacara perusahaan untuk dapat menjadikan ICCA sebagai wadah organisasi yang menaungi profesi in-house counsel. Informasi seputar sekretariat ICCA lebih lanjut akan diinformasikan melalui website dan grup komunikasi anggota ICCA, sehingga seluruh anggota ICCA dapat terinformasi dengan baik.

“Mimpi besar kami salah satunya ingin ICCA dikenal tidak hanya oleh masyarakat umum tetapi juga oleh mahasiswa hukum, agar mereka tau ada organisasi yang menaungi in-house counsel di Indonesia yaitu ICCA. Ke depannya untuk membuat para sarjana hukum lebih aware tentang ICCA, kami akan lakukan berbagai kegiatan seperti seminar maupun short training mengenai dunia hukum di in-house counsel melalui ICCA,’’ harap Yudis.

Sumber : https://www.hukumonline.com/berita/a/maksimalkan-layanan-keanggotaan–sekretariat-icca-sah-diresmikan-lt65c5d07e54422

Open chat