News

ICCA Update News

Mempererat Silaturahmi, ICCA Gelar Halal bi Halal

May 16, 2024

Sebagai ajang bertatap muka antara kepengurusan baru dengan sebelumnya serta pendiri ICCA.


Suasana Halal bi Halal sekaligus pengukuhan pengurus periode 2024-2028, Jumat (10/05). Foto: HFW

Indonesian Corporate Counsel Association (ICCA) atau Perkumpulan Penasihat Hukum Internal Perusahaan merupakan organisasi strategis, sebagai wadah berkumpul profesi In House Counsel. Untuk mempererat silaturahmi, ICCA menyelenggarakan Halal bi Halal sekaligus pengukuhan pengurus periode 2024-2028.

President ICCA, Seradesy Sumardy, mengatakan kegiatan ini merupakan kali pertama ICCA kepengurusan baru menggelar kegiatan tatap muka. Dia berharap melalui acara ini struktur kepengurusan baru dapat bersilaturahmi dan bertatap muka dengan pendiri dan pengurus sebelumnya.

“Ini kesempatan untuk bertemu dengan pendiri dan pengurus yang lama sehingga memperkuat dan mempererat silaturahmi,” kata Desy kepada Hukumonline di sela kegiatan Halal bi Halal ICCA bertema Founders & Leadership Legacy Meet & Greet: ICCA Recognizing Past and Present Founders, Board Members and Comittees di Jakarta, Jumat (11/05/2024).

Desy mengungkapkan, kegiatan ini penting karena ketika masa pandemi Covid-19 beberapa waktu lalu menjadi kendala bagi organisasi untuk melakukan pertemuan secara langsung. Pembatasan sosial membuat kegiatan tatap muka menjadi dibatasi. Setelah pandemi berakhir, menjadi kesempatan bagi ICCA untuk menyelenggarakan kegiatan yang memperkuat dan mempererat silaturahmi. “Kita harus ingat sejarah terbentuknya ICCA sehingga ke depan organisasi ini bisa lebih kuat,” ujarnya.


President ICCA, Seradesy Sumardy, saat menyampaikan sambutannya dalam acara Halal bi Halal ICCA, Jumat (10/05). Foto: HFW

Pada sesi pertama kegiatan, Desy mengukuhan sekaligus pengenalan jajaran pengurus ICCA 2024-2028. Dalam sesi tersebut pengurus juga memaparkan rencana kerja, target dan harapan yang akan bergulir empat tahun ke depan. Desy sangat menghargai inisiasi para pengurus untuk memajukan organisasi. Apalagi kepengurusan yang berjumlah 26 orang memiliki latarbelakang perusahaan dan pengalaman yang berbeda-beda sehingga menjadi modal yang baik bagi ICCA melangkah ke depan.

Jumlah anggota ICCA berpeluang terus bertambah. Desy menyebut dalam dua pekan terakhir pembukaan keanggotaan baru tercatat ada 30 orang yang mendaftar. Total anggota ICCA saat ini lebih dari 350 orang dan berasal dari ratusan perusahaan. Ke depan perekrutan anggota baru juga menjadi perhatian pengurus. Organisasi yang dibentuk 30 April 2004 ini membuka keanggotaan untuk warga negara Indonesia yang menyandang gelar sarjana hukum dan bekerja sebagai penasihat hukum perusahaan yang beroperasi di Indonesia.

Kegiatan Halal bi Halal ICCA berlangsung penuh kehangatan. Baik kepengurusan baru dan sebelumnya serta pendiri yang hadir saling bercengkerama.

Sebagaimana diketahui, para pendiri ICCA antara lain Arif Widjaksono (Advisor at Ecoener), Widyaretna Beunastuti (Director & Senior Consultant at Inke Maris Associates), Mustika Kuwera (Senior Partner & Global Relationship Director at Mustika & Partners Law Firm), Emalia Indra Juanti (Legal Counsel at ABN AMRO Bank), Yeni Fatmawati (Corporate Affairs & Legal Director at Danone), dan Frida Chalid (Legal & Regulatory Affairs Director at Frisian Flag Indonesia).

Seradesy Sumardi menjadi perempuan pertama yang memimpin ICCA. Pimpinan ICCA pada masa sebelumnya yakni Mustika Kuwera (2004-2006), Arsul Sani (2006-2008), Reza Permana Topobroto (2008-2015), Yudhistira Setiawan (2015-2024). Mustika Kuwera menjabat sebagai Senior Partner & Global Relationship Director at Mustika & Partners Law Firm, Arsul Sani merupakan politisi yang sekarang mengampu sebagai hakim Mahkamah Konstitusi. Reza Permana Topobroto sebagai General Counsel, VP Legal & Compliance at Telkomsigma. Yudhistira Setiawan didapuk sebagai VP Legal, Pgs SPV Corporate Secretary at InJourney.

 

Sumber : https://www.hukumonline.com/berita/a/mempererat-silaturahmi–icca-gelar-halal-bi-halal-lt663ee9bc5a612/?page=1

Open chat